Saat Remaja Terjadi Peningkatan Hormon Penyebab Jerawat

Hampir setiap orang pernah mengalami yang namanya jerawat, tak peduli itu wanita atau pun pria. Sebenarnya jerawat merupakan salah satu jenis dari penyakit kulit, namun karena hampir setiap orang pasti pernah mempunyai jerawat, maka dari itu penyakit kulit ini dianggap sebagai suatu hal yang umum terjadi. Walaupun umum terjadi tetapi tetap saja jerawat itu merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang harus dicegah atau pun diobati.

Kapan jerawat mulai muncul?

Jerawat memang tak lantas langsung muncul saat kita baru lahir, biasanya jerawat mulai muncul saat kita beranjak remaja dan memasuki usia usia pubertas. Biasanya pada remaja perempuan jerawat mulai muncul pada usia 14 – 17 tahun , sedangkan pada remaja laki laki jerawat mulai muncul di usia 16 – 19 tahun.

Lalu sebanarnya apa kaitnyannya jerawat dengan usia pubertas dan remaja? Apa kerena saat usia remaja kita mulai mengenal yang namanya cinta? Lalu jerawat muncul karena kita memikirkan orang yang kita cinta? Emm.. sebernya gak gitu juga sih… kaitannya jerawat dan remaja adalah permasalahan hormonal. dan ketika jerawat tumbuh pada masa pubertas ini, mungkin kamu membutuhkan obat jerawat karena hormonal yang tepat.

Pada saat pubertas, tubuh mulai memproduksi hormon hormon seks sehingga alat reproduksi yang pada masa anak anak belum berfungsi menjadi mulai menjalankan fungsinya. Pada wanita kejadian tersebut ditandai dengan terjadinya menarche atau menstruasi pertama kali, sedangkan pada pria peristiwa tersebut ditandainya dengan mimpi basah.

Hormon seks pada perempuan adalah estrogen dan progesteron yang diproduksi oleh ovarium atau yang lebih kita kenal dengan indung telur. Sedangkan pada laki-laki hormon seks yang mempengaruhinya adalah testosteron yang diproduksi oleh testis atau buah zakar.

Bagaimana hormon mempengaruhi jerawat?

Saat Remaja Terjadi Peningkatan Hormon Penyebab Jerawat

Estrogen merupakan hormon turunan dari androstenidion yang dihasilkan oleh ovarium. Selain androstenidion, ovarium juga mengeluarkan horon testosteron, tetapi dalam jumlah yang sedikit.

Testosteron adalah hormon seks pada pria, tetapi hormon ini juga diproduksi oleh ovarium dalam jumlah yang sangat sedikit. Hormon ini dibutuhkan oleh wanita karena berhubungan dengan daya tahan tubuh dan libido (gairah seksual).

Faktor hormonal penyebab jerawat yang utama adalah hormon androgen, dimana  hormon testoteron sendiri merupakan turunan dari hormon androgen. Hormon testoteron ini diproduksi baik oleh laki-laki maupun perempuan dan akan meningkat saat seseorang masuk pada usia pubertas. Untuk menanganinya kamu membutuhkan obat untuk jerawat hormon, seperti obat alami jerawat hormon yang satu ini: lidah buaya.

Hormon-hormon diatas cukup berpengaruh pada penampilan kulit, yaitu dengan menstimulasi kelenjar sebum (kelenjar minyak) yang terletak di kulit untuk menghasilkan minyak. Kelenjar sebum menghasilkan lemak atau minyak sebenarnya berfungsi untuk melumasi rambut dan kulit disekitarnya. Tetapi pada saat remaja aktivitas kelenjar sebum cendrung sangan meningkat, dan akhirnya memproduksi minyak secara berlebihan, minyak ini akan memicu tumbunya akne atau jerawat, sehingga mengganggu keindahan penampilan kulit. Untuk itu, pilihlah obat jerawat hormon yang tepat dan aman untuk kulitmu yah ladies and gents.

Ingin Memulai Transformasi Kulitmu? Temukan sebuah cara terkini untuk hilangkan jerawat, flek, kusam dan berbagai macam masalah kulit di bawah pengawasan dokter ahli. Mulai Perubahan Sekarang bersama LAVEES by Dr. Monita Skincare.

Written By
More from Lavees

6 Merawat dan Mengatasi Telapak Kaki Kering Dan Pecah-Pecah

Kaki cantik merupakan hal terpenting yang perlu untuk diperhatikan oleh setiap orang...
Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *