Masalah Acne / Jerawat di Punggung dan Solusinya yang Wajib Kamu Ketahui

Jerawat dapat mempengaruhi kualitas hidup serta memberi dampak  sosioekonomi pada penderitanya, walaupun tidak mengancam jiwa. 

Jerawat bisa muncul di sepanjang tubuh yang memilki kelenjar sebaceous penghasil sebum/minyak atau folikel rambut,  dan umumnya yang paling banyak  berada  di area wajah, tetapi dapat terjadi di punggung, dada, dan bagian tubuh lainnya.

Keluhan jerawat di area punggung cukup tinggi saat ini, keadaan ini tentu sangat menggaggu aktifitas sehari-hari apalagi jika jerawat tersebut cukup parah karena penderita akan merasa kesakitan saat mengenakan pakaian. Apabila kamu memiliki masalah ance/jerawat di punggung,  cobalah cari tahu penyebab jerawat di punggung dan obatnya.

Gambaran klinis jerawat di punggung sama dengan gambaran klinis di area lain di tubuh yakni mulai yang paling ringan seperti komedo, papul, pustul (nanah) hingga nodus dan jaringan parut (bopeng). Derajat jerawat  berdasarkan tipe dan jumlah dan lesi dapat digolongkan menjadi ringan, sedang, berat dan sangat berat.

Adapun mekanisme terjadinya jerawat di punggung disebabkan oleh secara umum dibagi menjadi 4 faktor yaitu: 1) hiperproliferasi epidermis folikular sehingga terjadi sumbatan, 2) produksi sebum berlebihan, 3). Inflamasi/peradangan 4) aktivitas bakteri Propionibactrium acnes (p. acnes).

Faktor pencetus jerawat di punggung diantaranya adalah: keringat, pemilihan pakaian yang kurang tepat, penggunan kondisioner, pemakaian pelembut/pewangi pakaian, pemakaian tas ransel penyebab terjebaknya keringan karena tekanan pad tali ransel. Apabila kamu mungkin memiliki masalah jerawat di punggung pada wanita atau jerawat di punggung saat hamil, simak tips berikut ini.

Masalah Acne / Jerawat di Punggung dan Solusinya yang Wajib Kamu Ketahui

Bagaimana Solusi bagi penderita jerawat di punggug?

Cara Pencegahan Jerawat di Punggung:

  1. Senantiasa menjaga kebersihan tubuh dengan sabun
  2. Senantiasa rutin melakukan scrub

Meskipun jerawat tidak mematikan, tetapi penyakit ini memiliki angka kejadian yang tinggi pada usia remaja. Jerawat disebabakan oleh multifakto, karena itu penanganan jerawat sebaliknya dilakukan secara menyeluruh dengan memperhatikan semua faktor tersebut. Penanganan yang optiml akanmencegah kekambuhan dan kecacatan.

Pengobatan Jerawat di Punggung Pada Wanita dan Pria:

Pemahaman mengenai mekanisme terjadinya jerawat dengan ke empat faktor yang berperan akan memepermudah prinsip penanganan jerawat, yaitu memperbaiki keratinisasi folikel (sel-sel kulit bagian luar), menurunkan aktifitas kelenjar sebasea, menurunkan populasi bakteri P. acnes, menekan inflamasi/peradangan.

Sebagian besar jerawat ringan sampai dengan sedang memerlukan pengobatan melalui topikal ( dioles di kulit). Sedangkan sedang sampai berat menggunakan kombinasi topikal dan oral (minum).

Bahan topical untuk pengobatan jerawat beragam diantaranya asam salisilat, sulfur, sodium sulfasetamid, sering ditemukan sebagai obat bebas, asam azalea. Terapi jerawat dimulai dari pembersihan wajah menggunakan sabun, beberapa sabun sudah mengandung antibakteri, misalnya triclosan, benzoil peroksida atau asam salisilat.

Selain itu salah satu untuk terapi sistemik acne (peroral/diminum) adalah tetrasiklin dan turunannya.

Apabila kondisi jerawat sedang hingga sangat berat segeralah konsultasikan ke dokter.

Ingin Memulai Transformasi Kulitmu? Temukan sebuah cara terkini untuk hilangkan jerawat, flek, kusam dan berbagai macam masalah kulit di bawah pengawasan dokter ahli. Mulai Perubahan Sekarang bersama LAVEES Skin Health Care.

Written By
More from Lavees

Tak Hanya Enak Dimakan Putih Telur Juga Dapat Dijadikan Masker Jerawat Alami

Tak Hanya Enak Dimakan Putih Telur Juga Dapat Dijadikan Masker Jerawat Alami...
Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *