6 Cara Merawat Tangan Agar Tampak Alami Dan Segar

Tangan mungkin tak sepenting wajah dalam urusan penampilan. Namun kulit tangan yang kasar, kusam, kering atau berkeriput bisa cukup mengganggu. Saat melakukan pertemuan di tempat remang-remang tangan bisa disembunyikan dan tidak akan terlalu terlihat. Namun saat berpegangan tangan ataupun menandatangani transaksi kartu kredit maka tak ada lagi tempat bersembunyi. Orang akan memperhatikan tangan Anda secara langsung. Seperti apakah kondisi tangan Anda yang mereka lihat? Apakah tamabak lembab, kencang dan terawat? Atau terlihat bersisik, kering dan pecah-pecah?

Berikut adalah beberapa cara merawat tangan kasar agar tambak sehat sehingga Anda merasa lebih percaya diri. Perlu diketahui, kuku akan semakin rapuh seiring bertambahnya usia. Pada cuaca dingin, kuku dan tangan juga lebih rentan mengalami permasalahan. Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

  1. Konsumsi diet seimbang

Tubuh membutuhkan protein yang cukup agar pertumbuhan kuku dan rambut tetap sehat. Melakukan diet protein atau diet rendah kalori ekstrim akan mengurangi pasokan protein sehingga tubuh akan mengalihkan pasokan nutrisi ini ke bagian yang lebih penting sehingga kuku menderita.

  1. Gunakan pelembap

Cara merawat tangan agar tidak keriput lain yaitu selalu menggunakan pelembap tiap setelah mandi, setelah mencuci tangan, saat akan beraktivitas keluar rumah dan sebelum tidur. Lotion yang kaya akan kandungan pelembap biasanya mengandung ceramides, asam lemak, gliserin dan shea butter. Jika kulit tangan Anda keriput dan pecah-pecah, cobalah untuk mengoleskan petroleum jelly sebelum tidur dan gunakanlah sarung tangan dari bahan katun sepanjang malam. Biarkan petroleum jelly bekerja untuk menyembuhkan kulit Anda.

  1. Gunakan sarung tangan

Jika Anda bepergian ke daerah yang dingin seperti pegunungan atau berada di dalam ruangan yang sangat dingin, sarung tangan bisa membantu untuk mencegah kulit tangan Anda kering. Udara yang terlalu dingin dapat membuat tubuh kehilangan kelembapan lebih cepat dan berakibat pada keringnya kulit. Jika kulit kering Anda disebabkan oleh pekerjaan, pastikan Anda selalu menggunakan sarung tangan karet sebelum anda menyentuh bahan-bahan kimia yang berbahaya bagi kulit.

  1. Tabir surya

Gunakanlah tabir surya dengan SPF 30 atau yang lebih tiap kali Anda beraktivitas di luar rumah. Sinar matahari juga bisa membuat kulit lebih cepat kering.

  1. Gunakanlah sabun yang lembut di kulit

Tidak seperti kulit wajah yang memproduksi lebih banyak minyak, tangan dan kaki akan lebih mudah kering. Gunakanlah sabun cair dan jangan sabun batang karena sabun batang bisa membuat kulit lebih kering. Sebaliknya, sabun cair bisa mempertahankan kelembapan alami tubuh lebih lama. Anda juga dapat menambahkan minyak alami seperti almond atau minyak avokad untuk mengatasi kulit pecah-pecah dan  kering. Tambahkan beberapa tetes minyak yang alami ini ke dalam bak mandi Anda, gunakanlah air hangat dan jangan mandi ataupun berendam terlalu lama.

  1. Jangan sering mencuci tangan

Mencuci tangan memang bagus dan bisa menjauhkan Anda dari virus atau bakteri penyebab penyakit. Namun jika Anda memiliki kulit tangan yang sangat kering, janganlah terlalu sering mencuci tangan. Gunakanlah sarung tangan karet saat mencuci piring ataupun membersihkan kamar mandi. Hal ini juga berlaku untuk cairan pembersih tangan. Cairan seperti ini biasanya mengandung banyak alkohol yang bisa menghilangkan minyak alami tubuh dan membuat kulit tangan pecah-pecah dan kering. Itulah beberapa cara merawat tangan yang kasar dan keriput. Dengan melakukan cara diatas secara teratur, kulit tangan anda akan tampak alami dan segar.

Ingin Memulai Transformasi Kulitmu? Temukan sebuah cara terkini untuk hilangkan jerawat, flek, kusam dan berbagai macam masalah kulit di bawah pengawasan dokter ahli. Mulai Perubahan Sekarang bersama LAVEES Skin Health Care by Dr. Monita Skincare.

Written By
More from Lavees

Parutan Jagung Herbal Alami Sebagai Obat Penghilang Bekas Jerawat

Noda bekas jerawat memang kerap kali membuat kita para kaum wanita merasa...
Read More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *